Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Di Pinggir Bengawan

Aku berjalan selagi hari masih dini
Kuingin lihat langit pagi
namun mentari telah bersinar hangat dan terang
buatku tak mampu menatapnya

Bengawan Solo beriak tenang
memantulkan cahaya
kecantikan alami yang dapat kunikmati kini
Aku menyesap udara pagi
entah kapan kunikmati lagi

Di sekelilingku rumpun jagung berbaris
memagari tepian sungai menjaga bumi
membawa benih yang mampu beri nyawa pada hidup

Pipa-pipa penambang pasir menjulur hingga lubuk sungai
menggali harapan akan hidup yang lebih baik
Mesin-mesin yang tertidur tenang
kini menderu perlahan
mencoba kembali apa yang mereka bisa

Kulihat manusia-manusia berkulit legam
memulai hari pada pangkalnya
tak enggan pada dingin
atau kantuk
meski masa terus bergulir
mereka tak akan tergilas
selama Bengawan masih mengalirkan asa

Ngelo, Bojonegoro
Juli 2012
Puisi KKN #3

Suatu pagi tanpa proker, aku jalan-jalan ke belakang rumah Pak Kades. Sekitar 200 meter dari rumah beliau, ada Bengawan Solo. Ini pengalaman pertama bagiku melihat pemandangan sungai yang masih begitu alami. Bengawan Solo keliatan begitu luas dan cantik memantulkan cahaya. Ladang jagung di pinggir sungai, pipa penambang pasir, semua begitu baru bagiku. Ya memang aku pernah liat ladang jagung di tempat lain, tapi ladang jagung di pinggir sungai itu sesuatu banget :D

Entah kenapa muncul ide untuk menulis puisi. Ngga ada kertas dan pulpen, hp pun jadi :D

Setelah aku ketik draft di hp, aku salin ke kertas binder, sekaligus menyempurnakannya. Bolak-balik hapus sana-sini, karena masih canggung menulis. Tapi alhamdulillah akhirnya jadi. Ini dia hasilnya :D

Waktu malam perpisahan KKN di rumah Pak Kades, aku beranikan diri untuk baca puisi ini di depan masyarakat desa Ngelo. Waktu itu ada warga yang nyeletuk "ireng, Mbak!" (artinya: "hitam, Mbak!") maksudnya sih mengomentari baris 'kulihat manusia-manusia berkulit legam'

Terus orang-orang ketawa 

Jujur, aku ga ada maksud rasis atau gimana waktu nulis begitu. Menurutku, "kulit legam" melambangkan pribumi yang gagah dan pantang menyerah. Itu ajaaaa.... Ya, mudah-mudahan sih ngga ada yang salah paham.

Tell me what do you think about this :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

sebuah karya tanpa pembaca adalah tak lengkap. silakan beri komentar, kritik, dan saran untuk karya ini ♥